Senin, 08 Oktober 2018

Infrastruktur Teknologi Komunikasi Bergerak nirkabel (Wifi)


MAKALAH
TEKNOLOGI KOMUNIKASI
 “FUNGSI DAN CARA KERJA WIFI”
DOSEN PENGAMPUH : SRI HADIJAH ARNUS, S.Sos., M,Si.


DISUSUN OLEH:
SRI RETNO MULYANI
(17030101005)
RESKI RAHAYU
(17030101017)



KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM
FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB DAN DAKWAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KENDARI
TAHUN 2018


PEMBAHASAN
            Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks –WLAN). Wi-Fi adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. Wi-Fi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, Wi-Fi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan. Karena itu banyak orang mengasosiasikan Wi-Fi dengan “Kebebasan” karena teknologi Wi-Fi memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting, kamar hotel, kampus, dan cafe-cafe yang bertanda “Wi-Fi Hot Spot”. Juga salah satu kelebihan dari Wi-Fi adalah kepraktisan, tidak perlu repot memasang kabel network. Untuk masalah kecepatan tergantung sinyal yang diperoleh.
Ø Fungsi Wi-Fi
1.    Menghubungkan Perangkat ke dalam Jaringan
Berbeda dengan jaringan kabel LAN yang terbatas penggunanya, Wi-Fi bisa digunakandi banyak komputer tanpa menambah jumlah kabel. Dengan begitu, Wi-Fi memudahkan banyak pengguna untuk sekaligus terhubung ke dalam jaringan.
2.    Berbagi Data Antar Perangkat
Misalkan mempunyai dua buah perangkat elektronik, lalu ingin memindahkan data di salah satunya keperangkat lainnya. Wi-Fi dapat dimanfaatkan untuk hal ini, sehingga kabel data tak lagi dibutuhkan dan menyebabkan pekerjaan lebih praktis dan efisien.
3.    Modem Dari Smartphone
Memang dengan adanya Wi-Fi, sebuah smartphone dapat terhubung dengan internet sehingga pengguna tak perlu lagi menggunakan paket data berbayarnya. Namun tak hanya itu, jika smartphone mendukung perangkat wireless, maka bisa menjadikan smartphone tersebut sebagai modem. Hal ini sangat berguna terutama jika bepergian ke tempat yang tidak tersedia Wi-Fi. Jika paket data cukup banyak, maka ketika ingin mengakses internet melalui laptop mislanya, dapat memfungsikan smartphone sebagai modem yang menggunakan sinyal Wi-Fi untuk terhubung ke laptop.
4.    Kecepatan Internet Lebih Pesat
Hal ini tentu sudah bisa dpahamu oleh para penggun smartphone. Berbeda dengan saat mengakses internet melalui jaringan seluler yang terkadang cepat terkadang lambat tergantung keberadaan sinyal, biasanya kecepatan akses internet dengan menggunakan Wi-Fi lebih terjamin kecepatannya. Salah satu indikasinya adalah bisa melakukan streaming video tanpa putus-putus, pengunduhan dokumen yang lebih cepat, akses yang tidak membutuhkan loading.

Ø Cara Kerja Wi-Fi
            Sederhanya, Wi-Fi berkerja dengan memanfaatkan gelombang radio. Berbagai data yang diminta atau dikirimkan pengguna melesat di udara menggunakan gelombang radio. Agar dapat menerjemahkan data atau dokumen yang dikirim melalui gelombang radio, sebuah komputer harus memiliki adaptor wireless sehingga terhubung dengan Wi-Fi.
            Gelombang radio yang berupa sinyal ini kemudian dikirim menuju router yang berfungsi sebagai decoder (penerjemah kode). Setelah kemudian diterjemahkan, data tersebut dikirim kejaringan internet dengan memanfaatkan koneksi internet. Jaringan Wi-Fi bekerja dua arah, setiap data yang diterima melalui internet juga dalam waktu bersamaan melewati router untuk kemudian dijadikan kode olehnya pada setiap paket data, kemudian dikirimkan kembali dalam bentuk sinyal radio yang diterima oleh adaptor komputer nirkabel.
Ø  Macam-macam Jenis Pemancar Antena Wifi dan Fungsinya
1. Antena Grid

Secara fisik, bentuk dari antena ini seperti jaring. Sayangnya, cakupan dari antena ini hanya searah. Selain itu, dibutuhkan antena pemancar yang di letakkan di tempat lain agar antena ini dapat menangkap sinyal WiFi. Saat antena grid diletakkan mengarah pada antena pemancar maka diperoleh sinyal yang kuat.
Adapun fungsi dari antena grid adalah menerima sekaligus mengirimkan sinyal data yang diperolehnya dengan menggunakan sistem gelombang radio. Ada dua frekuensi dari sistem gelombang radio yang digunakan pada antena ini, yaitu 2.4 GHz dan 5 GHz.
2. Antena Omni
Untuk antena jenis ini, bentuknya mirip tongkat dengan ukuran lebih kecil. Dibandingkan antena grid, cakupan antena omni lebih luas dan menyebar ke semua arah dengan membentuk semacam lingkaran. Namun, meskipun cakupannya cukup luas, jangkauannya tetaplah pendek. Biasanya, antena ini digunakan oleh sekolah-sekolah, supermarket, perkantoran, bahkan warung tenda yang menyediakan WiFi.

3. Antena Sectoral

Jenis antena pemancar wifi yang mirip dengan antena omni ini mampu menampung 5 klien sekaligus. Antena ini mempunyai cakupan yang tidak begitu luas, namun mampu menjangkau jarak lebih jauh. Pada umumnya, antena ini dipasang secara vertikal dengan sectoral sudut hingga 120 derajat. Namun, tak jarang juga yang memasangnya secara horisontal. Antena sectoral ini biasanya digunakan oleh tower GSM HP.



4. Antena Yagi

Prinsip kerja dari jenis antena pemancar wifi yang mempunyai bentuk seperti ikan teri ini hampir sama dengan antena grid. Cakupan yang dimilikinya hanya searah sehingga harus diarahkan pada antena pemancar di tempat lain. Perbedaan mencolok antara antena yagi dan grid terletak pada bentuk dan penggunaannya. Tidak seperti antena grid, antena yagi terdiri dari tiga bagian, yaitu driven, reflector, dan director. Antena yagi juga sangat jarang digunakan dalam sebuah jaringan.

5. Antena PVC

Jenis antena pemancar wifi ini terbuat dari pipa PVC yang dilapisi alumunium foil. Tak heran jika antena ini tidak akan berkarat meskipun dipasang di luar ruangan. Keunggulan lainnya adalah tahan terhadap berbagai cuaca serta mudah saat dipasang. Sayangnya, antena ini hanya bisa mencakup sinyal dalam jarak dekat, sekitar 200 hingga 300 meter saja. Dan masih banyak lagi jenis pemancar antena wifi ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peluang Itu Hilang, Namun Motivasi itu Kembali

Pagi berganti siang, dan siang berganti malam. pergantian siang dan malam. itulah tanda-tanda kekuasaan Allah Swt bagi orang-orang yang bera...