Selasa, 09 Oktober 2018

Menciptakan Teknologi Komunikasi yang Sangat Bermanfaat Untuk Masa Depan


MAKALAH
TEKNOLOGI KOMUNIKASI
 “Menciptakan Teknologi Komunikasi yang Sangat Bermanfaat Untuk Masa Depan ”
DOSEN PENGAMPUH : SRI HADIJAH ARNUS, S.Sos., M,Si.
Logo IAIN.png

DISUSUN OLEH:
SRI RETNO MULYANI
(17030101005)
MUSDALIFAH HAMKA
(17030101022)


KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM
FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB DAN DAKWAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KENDARI
TAHUN 2018


A.  Komunikasi Introvert dan Extrovert
Teknologi Komunikasi ini bernama “Komunikasi Introvert dan Ekstrovert”. Sebelum menjelaskan lebih jauh ada baiknya kami akan menjelaskan tentang Introvert dan Ekstrovert terlebih dahulu. Mungkin bagi kebanyakan orang tentunya sudah tidak asing lagi mengenai Introvert dan Ekstrovert. Yah, Introvert dan Ekstrovert adalah sebuah kepribadian yang dimiliki masing-masing manusia diantara salah satunya mungkin juga bisa keduanya. Tetapi, cenderung mengalami salah satunya. Langsung saja sekilas tentang kepribadian Introvert dan Ekstrovert.
1. Kepribadian Introvert
Beberapa ciri umum dari introvert adalah :
a. Introvert adalah kepribadian yang cenderung menyimpan perasaan sendiri.
b. Terlihat pendiam atau menarik diri ketika berada di tengah-tengah sekumpulan orang yang tidak mereka kenal baik.
c. Sangat sadar diri dan memikirkan segala sesuatu sebelum bertindak.
d. Merupakan pengamat yang baik dan cenderung mempelajari situasi sekitarnya melalui pengamatan terlebih dahulu.
d. Lebih mudah bersosialisasi jika bersama dengan orang yang sudah mereka kenal baik.
Jika Anda termasuk dalam kategori kepribadian ini, maka besar kemungkinannya Anda akan sering menyadari atau lebih suka berdiam diri ketika berada di tengah banyak orang, terlebih lagi jika orang-orang di sekeliling Anda adalah orang yang belum dikenal.

2. Kepribadian Ekstrovert

Beberapa ciri umum dari ekstrovert adalah :
a. Hangat dan ramah pada orang lain.
b. Senang bersosialisasi dan bersenang-senang kegembiraan (Happy).
c. Suka berbincang.
d. Suka menjadi pusat perhatian (Narsis ini semacam aktualisasi diri).
e. Antusias dan mudah bergaul (Supel).
Nah, itulah tadi beberapa ciri-ciri seseorang yang memiliki kepribadian Introvert maupun Ekstrovert. Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk menciptakan Teknologi yang bergerak dalam ranah komunikasi. Melihat globalisasi di seluruh dunia bersifat semakin individualisme yang hanya terfokus pada sekolah-sekolah yang tidak hanya di Indonesia bahkan banyak juga orang yang hanya belajar dalam rumah (home schooling). Itu semakin mempersulit seseorang untuk berkomunikasi dengan baik apalagi mereka yang berkepribadian introvert. Kepribadian ekstrovert saja kadang kala masih malu dan sulit berbicara secara formal di khalayak depan banyak orang ( Public ). hal inilah yang mendorong kami untuk menciptakan teknologi komunikasi yang berkembang dalam membantu seseorang untuk berkomunikasi secara formal baik kepribadian intovert maupun ekstrovert secara ekslusif. Teknologi komunikasi ini membantu kita hanya dalam 5-10 menit. Kenapa hanya 5-10 menit ? karena, teknologi ini hanyalah alat yang membantu seseorang untuk pertama kali ia berkomunikasi di khalayak. Esensi manusia itu di bekali oleh sang Khaliq sudah bisa dan mampu sehingga kami percaya semua orang pasti bisa untuk melakukannya. Tujuan diciptakan alat ini untuk menstimulus rasa yang ada dalam diri manusia contohnya Self Confidence and Brave. Yah, rasa percaya diri dan berani. Ketika alat ini pertama kali bekerja, alat ini akan merangsang kepercayaan diri kita dan rasa berani yang tanpa kita sadari kita tidak akan sulit lagi berkomunikasi. Efeknya sangat-sangat luar biasa. Dan teknologi ini tidak akan memimiliki baterai, mungkin seiring berkembangnya juga tidak menggunakan on atau off. Mungkin bisa lebih dari itu atau hanya disentil saja sudah dapat di fungsikan. In Syaa Allah, alat ini sangat-sangat membantu. Model alat ini kami ingin mendesain sebaik dan semini mungkin. Agar supaya, alat ini tidak mengangu dan efektif untuk dibawa kemana-mana.

 





Alat ini modelnya seperti ini  ditambah dengan antena di atasnya tetapi bisa tidak terlihat ketika dimasukkan kembali. dengan pilihan warna yang menarik tetapi, pertama kali kami akan membuat dengan warna netral (Hitam). Setelah itu mungkin akan muncul warna-warna menarik lain seperti Gold, Silver dan Rose. Kami ingin mendesain teknologi ini semenarik dan ekslusif.
B. Machine Library
Teknologi komunikasi yang akan kami buat di masa yang akan mendatang adalah, seebuah mesin yang bekerja secara otomatis yang digunakan di perpustakaan, dengan alat ini, kita mudah mendapatkan dan mengambil buku yang kita cari di perpustakaan tanpa mencari dengan mengelilingi atau mencari daftar buku yang diinginkan. Dengan alat ini, kita hanya dapat mengetik judul dan pengarang buku yang akan kita butuhkan  di sebuah papan ketik, kita hanya menggunakan maksimal satu menit, dengan secara otomatis mesin tersebut bekerja, dan mengeluarkan buku di jendela kecil seukuran berbagai jenis buku.
            Alat ini dapat kita bayangkan, berbentuk seperti mesin cuci yang sedikit lebih besar dari itu. Terdapat sebuah celah seukuran buku, celah tersebut merupakan tempat dimana buku yang kita inginkan keluar secara otomatis. Sedangkan dalam mesin tersebut terdapat alat yang dapat mendeteksi judul dan pengarang buku. Buku yang di deteksi tersebut berasal dari sebuah lemari khusus yang berisi berbagai jenis buku. Mesin tersebut juga menyediakan monitor dan keyboard.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peluang Itu Hilang, Namun Motivasi itu Kembali

Pagi berganti siang, dan siang berganti malam. pergantian siang dan malam. itulah tanda-tanda kekuasaan Allah Swt bagi orang-orang yang bera...